Jumat, 31 Maret 2017

Mitos Yang Dipercayai Oleh Masyarakat Hingga Saat Ini



Menurut pengertiannya mitos terbagi dari 2 etimologi, yakni mitos yang berarti cerita tentang masalalu yang berkaitan dengan mitologi dewa – dewa yang masih diyakini kebenarannya sampai sekarang. Etimologi mitos lainnya ialah kepercayaan yang berkaitan dengan pantangan – pantangan yang diyakini akan membawa keburukan bagi yang melanggar. Berikut penjelasannya.

1.      Mitos sebagai pantangan yang akan menimbulkan kesialan
Mitos merupakan sebuah kepercayaan terhadap terjadinya sesuatu yang buruk tertimpa pada kita apabila kita melanggar sebuah pantangan. Kebanyakan mitos dikaitkan dengan hal berbau mistis seperti gaib dan ramalan umum yang sering terjadi. dikarenakan pada zaman dahulu teknologi masih kuno, tidak secanggih sekarang. Maka mungkin saja mitos ini ada. karena pada zaman dahulu kebanyakan orang mempercyai hal gaib dan bahkan memujanya. Mitos atau pantangan ini dianggap ada karena kebanyakan hal yang terjadi secara umum memberikan dampak yang sama kepada kejadian tersebut. sehingga para manusia zaman dahulu mengaitkan dengan hal mistis dan dianggap tabu untuk melakukan sesuatu yang secara umum menjadi sebuah kebiasaan aneh yang berulang pada suatu kejadian yang sama.
2.      Mitos sebagai mitologi dewa – dewa
Menurut beberapa ahli, pengertian mitos adalah:
·         Mitos adalah cerita yang “aneh” dan seringkali sulit dipahami maknanya atau diterima kebenarannya karena kisah didalamnya “tidak masuk akal” (Ahimsa-Putra)
·         Mitos adalah suatu perumpamaan yang merupakan khayalan dan tak dapat dibuktikan kebenarannya. (Webster’s Dictionary)
·         Mitos adalah cerita suci berbentuk simbolik yang menceritakan serangkaian peristiwa nyata dan imajiner mengenai asal usul dan perubahan perubahan alamraya, dewa dewi, kekuatan kekuatan atas kodrat manusia, pahlawan, dan masyarakat (Cremers)
·         Mitos adalah cerita mengenai peristiwa semi historis yang menerangkan masalah akhir kehidupan manusia(William A. Haviland)
·         Mitos adalah suatu cerita mengenai asal usul semesta alam, manusia, dan bangsa itu sendiri (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
·         Mitos adalah suatu cerita dari tradisi lisan yang menceritakan dewa dewi, manusia pertama, binatang, dan sebagainya berdasarkan suatu skemalogis yang terdapat didalam mitos itu sendiri dan yang memungkinkan kita mengintegrasikan semua masalah yang perlu diselesaikan dalam suatu konstruksi sistematis (Levi-Strauss)
·         Mitos (bahasa Yunani: μῦθοςmythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa  rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supra natural, dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih – lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas. (Wikipedia)
      Pada artikel ini kita akan membahas tentang pendapat – pendapat masyarakat dan pemuka agama mengenai mitos sebagai pantangan yang akan menimbulkan kesialan bagi yang melanggarnya. Dalam hal ini mitos yang akan kita bahas antara lain;
1.      Tidak boleh barada diluar rumah saat senja
2.      Tidak boleh duduk didepan pintu
3.      Tidak boleh menyisakan makanan

PEMBAHASAN
1.      Tidak boleh berada diluar rumah saat senja

Mitosnya, jika kita bepergian atau sekedar berada di luar rumah saat senja maka kita akan diculik oleh mahluk halus yang disebut – sebut orang jawa sebagai betorokolo.
Pada faktanya, senja ialah saat dimana kita akan segera masuk waktu sholat maghrib yang mana sholat tersebut memiliki rentang waktu yang singkat, sehingga dikhawatirkan jika kita masih berada diluar rumah saat senja kita akan lupa waktu dan justru meninggalkan sholat maghrib.

2.      Tidakbolehduduk di depan pintu


Mitos yang dipercayai masyarakat salah satunya, jika kita duduk di depan pintu maka kita akan sulit mendapatkan jodoh. Faktanya jika kita duduk di depan pintu akan menyulitkan orang yang hendak lewat. Selainitu, hal tersebut juga tidak indah dipandang mata.

3.      Tidak boleh menyisakan makanan

Masyarakat mempercayai mitos yang beranggapan bahwa menyisakan makananakan mengakibatkan kematian pada ayam atau hewan lain yang kita pelihara. Namun faktanya menyisakan makanan adalah bentuk ketidak pedulian kita terhadap lingkungan sosial, sebab disekitar kita dimungkinkan ada orang – orang yang tidak mampu membeli makanan sedangkan kita membuang makanan sekenanya. Maka mitos inisebenarnya mengajarkan kita untuk lebih menghargai apa yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar