Rabu, 26 April 2017

10 TIPS AGAR BUNGA LEBIH TAHAN LAMA


Bunga memang sesuatu yang menarik hati terutama bagi kaum wanita, dengan adanya bunga di ruangan akan menyebarkan aura positif yang berimbas pada semangat dalam diri kita. Namun sayangnya, terkadang kesegaran bunga buket tidak mampu bertahan lama hingga akhirnya bunga – bunga tersebut harus dibuang lebih cepat dari yang kita inginkan.
Dengan mengikuti beberapa tips sederhana berikut, anda akan dapat memperpanjang usia bunga yang biasanya hanya beberapa hari menjadi berumur hingga 3 minggu. Jadi, inilah cara agar karangan bunga tetap segar dan tahan lama.
1.    Tes Kesegaran Bunga
Saat Anda sedang memilih karangan bunga untuk dibeli, lihat bagian bawah kelopak untuk mengetahui berapa banyak kelopak yang telah dibuang sebelumnya. Mawar yang segar hanya memiliki satu atau dua kelopak yang dibuang, dan semakin banyak kelopak yang hilang, maka semakin cepat mawar tersebut akan layu.
2.    Kebanyakan bunga tidak memiliki aroma harum
Jika mendapatkan bunga yang tak berbau, jangan salahkan hidung Anda. Hidung Anda baik-baik saja, kebanyakan bunga hias memang tidak memiliki bau. Petani cenderung mengembangbiakkan bunga yang besar dan tahan lama, namun belum tentu berbau harum.
3.    Jangan letakkan bunga di dekat jendela
Walau bunga akan terlihat sangat menarik bila terkena sinar matahari, namun sinar matahari ternyata akan mempercepat proses pelayuan dan bunga akan segera layu dalam satu atau dua hari. Lebih baik meletakkan vas bunga di tempat yang teduh dan sejuk.
4.    Cucilah vas bunga setiap selesai menggunakannya
Jangan letakkan bunga ke vas sebelum Anda mencuci bersih vas bunganya. Bakteri dan jamur dari kuntum bunga sebelumnya akan mempercepat proses pembusukan dan bunga baru Anda akan mati dalam waktu singkat. Untuk hasil terbaik, cuci vas dengan alkohol atau zat pemutih.
5.    Jauhkan Bunga dari Buah – Buahan
Meletakkan karangan bunga bersebelahan dengan mangkuk penuh buah pastinya terlihat indah, tapi sayangnya ini juga akan memperpendek usia hidup bunga-bunga Anda. Buah-buahan mengeluarkan gas yang disebut gas etilen, yang akan mempercepat proses pembusukan tanaman.
6.    Jauhkan bunga dari AC
Bunga senang di kondisi lingkungan yang lembab, dan pendingin ruangan akan mengeringkan udara, dan akhirnya memperpendek umur bunga Anda.
7.    Ganti air secara berkala
Air yang tergenang adalah tempat berkembang biak bakteri, jamur dan alga. Semua mahluk itu dapat mempercepat proses pembusukan. Dengan mengganti air vas setiap hari, Anda akan memperpanjang usia bunga.
8.    Jangan gunakan gunting
Hindari memotong batang dengan gunting. Lebih baik menggunakan pisau tajam tanpa tepi yang bergerigi. Dengan pisau memungkinkan kita mendapatkan hasil potongan diagonal, tanpa harus melukai batang. Dan sebaiknya potonglah batang setiap 3 - 4 hari.
9.    Membuang Daun
Sebaiknya Anda memotong setiap daun yang menyentuh air dengan menggunakan gunting. Karena bila tidak, daun tersebut akan mengakibatkan tumbuhnya bakteri atau jamur.
10.  Jangan ubah bentuk bunga Anda

Hindari mematahkan, membengkokkan atau merusak batang. Batang sangat penting untuk menyalurkan nutrisi pada bunga.  Bila bunga Anda rusak, lebih baik segera membuangnya dari vas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar